spot sunrise point puncak pananjakan 1 wisata gunung bromo

Puncak Pananjakan 1 merupakan bukit tertinggi diantara bukit-bukit yang mengelilingi Gunung Bromo, dengan ketinggian 2774 mdpl dan ketinggiannya melebihi dari pada Gunung Bromo sendiri yang hanya memiliki ketinggian 2329 mdpl, letaknya diarah barat daya Gunung Bromo dan berada di wilayah Desa Wonokitri, Pasuruan.


Wisatawan yang berkunjung dan liburan ke Gunung Bromo tujuan utamanya apalagi kalau bukan untuk menyaksikan dan menikmati kemunculan Sang Surya di pagi hari yang begitu eksotis di langit Bromo.

Sunrise Bromo akan lebih jelas terlihat pada saat langit sedang cerah dan tidak ada awan yang menutupi pada saat kemunculannya. Jangan lupa untuk menyiapkan kamera atau handphone untuk mengabadikan moment yang mungkin akan menjadi kenangan yang tak terlupakan dan semoga bisa kembali lagi wisata ke Bromo.

puncak pananjakan 1 sunrise point wisata bromo Pemandangan Kaldera Bromo dengan awan yang menggantung seperti kapas terbang di udara hanya bisa disaksikan oleh wisatawan pada saat langit Bromo sangat cerah terutama pada awal dan saat musim kemarau antara bulan April sampai September.

# Pananjakan 1 Sunrise Point Bromo

Puncak Pananjakan 1 merupakan Spot Sunrise Bromo paling populer dan selalu menjadi pilihan utama wisatawan yang berkunjung ke Gunung Bromo dan dari lokasi ini tidak sekedar meyaksikan Sunrise Bromo, tetapi wisatawan juga bisa menikmati pemandangan Kaldera Bromo dengan hamparan lautan pasir yang begitu luas. Bukan itu saja, anda juga dapat menyaksikan gunung-gunung di sekitar Gunung Bromo yaitu Gunung Batok, Gunung Widodaren, Gunung Segoro Wedi dan Gunung Kursi.

Sunrise Bromo merupakan daya tarik utama kenapa wisatawan datang ke Gunung Bromo disamping destinasi spot Panorama Bromo seperti Kawah Gunung Bromo, Savana Pasir Berbisik, Spot Foto Widodaren, Pura Luhur Poten dan Padang Savana Bukit Teletubbies.


paket private trip bromo dari malang, batu dan surabaya setiap hari


Gunung yang berdekatan dengan Gunung Bromo adalah Gunung Batok, Gunung ini juga menjadi destinasi wisata yang tidak luput dari incaran wisatawan, banyak juga yang salah sangka dengan Gunung Batok, bagi yang tidak tahu dikira adalah Gunung Bromo.

Puncak Pananjakan 1 termasuk kedalam rencana perjalanan Wisata Gunung Bromo (Itinerary) yang ada di paket-paket wisata Gunung Bromo. Keberadaannya selalu di nomor satukan untuk menarik minat wisatawan dalam paket Wisata Gunung Bromo yang ditawarkan oleh Travel dan Agen Wisata. Pananjakan 1 dari awal orang-orang yang tahu dengan keindahan Sunrise Bromo lebih dikenal dengan sebutan "Puncak Para Dewa" sedangkan Sunrise Bromo sendiri mendapat Julukan "Golden Sunrise Bromo".

paket wisata open trip bromo dari malang dan batu setiap hari

Dengan keberadaannya yang cukup tinggi, Puncak Pananjakan 1 dijadikan tempat untuk mengambil gambar atau foto pemandangan Gunung Bromo dan sekitarnya karena lokasinya yang strategis. Tidak ketinggalan pula wisatawan yang berkunjung ke Puncak Pananjakan 1 ini untuk mengabadikan atau berfoto dengan latar belakang pemandangan Gunung Bromo sebagai tanda bahwasanya mereka pernah liburan atau wisata ke Bromo.

spot sunrise point puncak pananjakan 1 wisata gunung bromo Setiap weekend apalagi pada saat Libur Nasional atau Liburan anak sekolah, Puncak Pananjakan 1 selalu dipadati oleh wisatawan dari sekitar Jawa Timur dan daerah lain dari pelosok Nusantara.

#1. Fasilitas

Puncak Pananjakan 1 memiliki fasilitas yang cukup memadai dan lengkap seperti Mushola, kamar mandi, toilet serta warung-warung yang menyediakan makanan dan minuman seperti kopi, teh dan minuman hangat, tidak lupa gorengan atau makanan ringan. Sambil menunggu waktu Sunrise tiba sekitar Jam 04.30 - 05.00, wisatawan masih bisa untuk menikmati makanan dan minuman hangat di warung-warung yang ada di area Pananjakan 1. Terdapat juga kios-kios yang menjual cinderata mata yang berkaitan dengan Gunung Bromo seperti syal, sarung tangan dan topi kupluk serta penyewaan jaket tebal, selimut dan tikar.

paket wisata open trip sunrise bromo damri dari kota surabaya setiap hari

#2. Jalur dan Rute

Perjalanan menuju Puncak Pananjakan 1 bisa dilalui dari 3 jalur yaitu Pasuruan, Wonokitri dan Purwodadi. Jalur ini lebih banyak dilalui oleh wisatawan karena lebih dekat ke Pananjakan 1 dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Apalagi jika wisatawan menginap di Pasuruan dan sekitarnya tentunya lebih mempersingkat waktu. Rute lainnya adalah dari Batu atau Malang yaitu melewati Tumpang - Gubugklakah - Ngadas - Jemplang - Kaldera Bromo - Bukit Cinta - Bukit Kingkong - Pananjakan 1. Sedangkan jika dari Probolinggo bisa melalui pintu masuk Bromo yaitu di Cemoro Lawang.

Peta Lokasi Wisata Sunrise Gunung Bromo



#3. Waktu terbaik untuk berkunjung ke Puncak Pananjakan 1

1. Awal musim kemarau, karena pada waktu tersebut langit sedang cerah dan tidak banyak awan yang menutupi pemandangan untuk menyaksikan Sunrise Bromo, tetapi untuk suhu di Gunung Bromo bisa mencapai 5 hingga 10 derajat celcius.
2. Weekday atau hari kerja adalah waktu yang paling baik, karena pada saat itu wisatawan yang berkunjung sedikit sekali, tentunya lebih leluasa dan bebas serta tidak berdesak-desakan dengan wisatawan yang lain.
3. Pada saat hari libur Lebaran, Natal, Tahun Baru apalagi hari libur sekolah dan Weekend. Saat itu Bromo lagi padat dan ramai oleh wisatawan dari sekitar Jawa Timur bahkan dari daerah lain.

#4. Tips dan Cara ke Pananjakan 1 Sunrise Point Bromo

1. Sebaiknya datang lebih awal antara jam 03.00 - 04.00 untuk mendapatkan lokasi yang strategis dan nyaman menyaksikan Sunrise.
2. Anda perlu mempersiapkan stamina yang prima apalagi untuk mendaki anak tangga menuju ke lokasi view Sunrise.
3. Pakai jaket tebal karena suhu di Bromo pada dini hari bisa mencapai di bawah 10 derajat celcius. Selain itu sarung tangan, penutup kepala dan sepatu trekking.
4. Kamera atau Handphone untuk mengabadikan moment-moment saat Sunrise dan kegiatan selama di lokasi.
5. Booking terlebih dahulu Paket Wisata Bromo untuk kemudahan perjalanan selama wisata.

sewa jeep wisata gunung bromo dari batu, malang, tumpang, pasuruan dan probolinggo

paket wisata open trip jelajah pulau murah setiap hari